OPINI: Memulai Bisnis Skala Kecil Menjanjikan di 2020

Ilustrasi rupiah - Reuters
02 Januari 2020 04:27 WIB Budi Suprapto Aspirasi Share :

Dalam suatu kesempatan di akhir 2019, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan pemerintahan menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia 2020 mencapai 5,3%. Konon angka tersebut tidak terlepas dari pertimbangan tantangan perekonomian dunia yang masih berlangsung seperti perang dagang AS dengan China.

Lebih jauh lagi, Bank Indonesia optimistis bahwa pemulihan perekonomian global bisa mendorong perbaikan pertumbuhan nasional. Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memprediksi pemulihan kondisi global dapat mendorong perbaikan pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi berada di kisaran 5,1% sampai 5,5% pada 2020.

Kementerian Koperasi dan UKM melansir data olahan BPS pada pertengahan bulan Desember 2019 dan menyimpulkan adanya pertambahan jumlah pengusaha dari 1,6% menjadi 3,1% dari populasi pada tahun 2018 dan 2019 melampaui batas psikologis 2%. Hal ini menunjukkan meningkatnya antusiasme masyarakat untuk membuka ataupun memulai bisnis sendiri. Kondisi ekonomi dan bisnis nasional di tahun 2020 memberikan sinyal positif dukungan pemerintahan terhadap banyaknya potensi bagi masyarakat untuk memulai dan mencoba bisnis skala kecil.

Gagasan Bisnis
Bisnis apa saja yang berpeluang berkembang di tahun 2020? Karena sifatnya yang dinamis, maka setiap tahun selalu muncul peluang bisnis baru. Berikut ini ada beberapa gagasan bisnis menjanjikan yang patut dicoba.

Gagasan bisnis pertama yang dapat dicoba adalah bisnis desain grafis dan digital. Kebutuhan masyarakat dan industri baik dalam negeri maupun luar negeri terhadap desain grafis seperti periklanan, situs web infografis di media, logo perusahaan, organisasi atau produk, dan aplikasi meningkat dengan pesat. Hal ini didukung oleh kecanggihan teknologi digital.

Suatu ilustrasi digital yang dihasilkan pun semakin berkualitas sehingga mampu menarik minat para konsumen yang tidak hanya dari dalam negeri, namun juga dari mancanegara. Memasuki era digital, desain grafis merupakan salah satu bidang yang perkembangannya sangat pesat.

Gagasan bisnis berikutnya adalah kuliner kekinian. Sudah tidak terhitung berapa banyak makanan maupun minuman kekinian super hits yang muncul setiap bulannya pada 2019. Mulai dari boba drink, brown sugar drink, boba cake, Japanese sauffle pancake, mi donat, rokupang (roti kukus panggang) hingga segala jenis makanan dengan topping mozzarella atau green tea. Banyak orang mempunyai hobi baru yaitu berburu makanan ataupun minuman kekinian yang unik serta tidak lupa melakukan review dan berbagi foto indah di berbagai media sosial.

Kafe instagramable dapat juga menjadi gagasan bisnis lainnya yang dapat dicoba. Instagram yang telah menjadi budaya kaum milenial, menjadikan akhir-akhir ini banyak rumah makan, kafe atau kedai disulap menjadi instagramable sehingga menjadi daya tarik besar. Hal ini dilakukan antara lain dengan pemilihan desain interior yang menarik, furniture konsep minimalis, dan menu kekinian. Truk makanan juga merupakan suatu alternatif yang tepat karena unik, mobile dan lebih murah.

Gagasan bisnis lain yang bisa dicoba pada 2020 ini adalah startup digital media. Cakupan bidang bisnis ini mempunyai tugas membahas topik khusus pada web portal di Internet. Konten yang dihadirkan tidak harus selalu berisi tentang bahasan yang berat dan tidak memerlukan riset yang mendalam tetapi dapat berupa berita ataupun ulasan ringan yang dikemas secara berbeda, kreatif dan sangat menarik.

Produk ramah lingkungan juga bisa menjadi salah satu gagasan bisnis pada tahun ini. Akhir-akhir ini, kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan semakin meningkat. Semakin banyak pula kebutuhan akan produk ramah lingkungan seperti sedotan nonplastik, komestik dari bahan organik, kantong belanja dari bahan daur ulang, serta minuman dan makanan organik.

Sebagai contoh, akhir-akhir ini, banyak restoran cepat saji menyetop penyediaan sedotan plastik dan menyediakan sedotan stainless-steel yang bisa dipakai ulang. Beberapa produsen kosmetik juga memakai bahan organik serta menyisihkan keuntungan untuk menanam kembali bahan organik yang diambil dari alam. Selain mendapat keuntungan, bisnis ini juga berkontribusi untuk menyelamatkan lingkungan hidup.

Kerja Keras
Ada banyak ide dan gagasan bisnis skala kecil yang dapat dicoba pada 2020 selain beberapa contoh di atas. Namun, apapun bisnis skala kecil yang hendak anda rintis, pastikan bisnis tersebut memang benar-benar sesuatu yang anda sukai dan pahami.

Melakukan riset pasar pendahuluan yang cukup komprehensif merupakan langkah awal yang tepat untuk memahami karakteristik pasar calon pelanggan. Tidak harus dengan riset yang mendalam tetapi yang terpenting dapat menghasilkan data sebagai landasan yang cukup untuk mengambil keputusan dalam mencoba bisnis baru tersebut.

Selanjutnya, strategi dan teknik pemasaran dari pengembangan produk, promosi, penentuan harga dan distribusi, juga harus dikembangkan sedini mungkin secara sederhana berdasarkan data yang diperoleh dari riset pasar tersebut.

Last but not least, tentunya ada berbagai hambatan menunggu dalam memulai suatu bisnis, maka dibutuhkan kerja keras yang pantang menyerah untuk merintis bisnis baru tersebut. Justru berbagai hambatan itu yang membuat kegiatan berbisnis kian menarik dan menantang. Selamat Tahun Baru 2020.

*Penulis merupakan Dosen Program Studi Manajemen Dekan Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Atma Jaya Yogyakarta