Pemkot Sediakan Vaksinasi Rabies Gratis

Jumpa pers tentang vaksinasi rabies pada hewan di Kantor Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian Kota Jogja, Selasa (31/8 - 2021).
01 September 2021 07:07 WIB Sirojul Khafid Aspirasi Share :

Harianjogja.com, JOGJA–Pemkot Jogja melalui Dinas Pertanian dan Pangan Kota Jogja menggelar vaksinasi rabies untuk hewan secara gratis. Adapun sasaran vaksin rabies yaitu kucing, anjing, dan kera.

Vaksinasi akan berlangsung di 45 kelurahan se-Kota Jogja pada 6-24 September 2021. Vaksinasi rabies juga berlangsung di poliklinik hewan dan tempat praktek dokter hewan di Jogja pada 6 September sampai 30 Oktober 2021.

Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Jogja, Suyana, vaksinasi ini untuk hewan peliharaan milik warga ber-Nomor Induk Kependudukan (NIK) Jogja atau yang berdomisi di Jogja. Untuk warga ber-NIK luar namun berdomisili di Jogja bisa membawa surat keterangan dari Rukun Tetangga atau Rukun Warga setempat.

Pelaksaan vaksinasi rabies tahun ini menggandeng Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia. “Mereka akan membantu kami melakukan vaksin rabies di tempat-tempat dokter hewan, ada sepuluh tempat. Masyarakat bisa lebih leluasa ke dokter hewan daripada di kantor kelurahan yang terbatas jam kerja,” kata Suyana dalam jumpa pers di Kantor Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian Kota Jogja, Selasa (31/8/2021).

Menurut Kepala Seksi Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian dan Pangan Jogja, Sri Panggarti, pendaftaran yang sudah dibuka sejak 30 Agutus 2021 bisa melalui kontak Whatsapp serta link pendaftaran. Selain itu, pemilik hewan peliharaan juga bisa mendaftar secara langsung di tempat. “Kami juga siapkan kartu tanda sudah vaksin rabies,” kata Sri.

Adapun beberapa syarat vaksin rabies yaitu usia hewan minimal empat bulan. Hewan dalam kondisi sehat dan tidak hamil untuk betina. Seminggu sebelum vaksinasi, hewan sudah mendapatkan obat cacing terlebih dahulu.

Tahun ini ada kuota vaksin rabies sebanyak 2.350 dosis. Selama dua hari pendaftaran, sudah ada sekitar 150 hewan yang terdaftar. “Vaksin rabies harus setiap tahun, kalau misalnya tahun ini sudah vaksin, tahun depan harus vaksin lagi,” kata Sri.

Untuk kucing, anjing, dan kera liar atau tidak dipelihara perorangan, Dinas Pertanian dan Pangan Jogja bekerja sama dengan berbagai komunitas pecinta hewan mengupayakan vaksinasi. Di selter komunitas tersebut juga akan dilaksanakan vaksinasi rabies. Pada vaksinasi rabies tahun lalu, ada 490 anjing, satu kera, dan 1.679 kucing yang divaksin.

Pemkot Jogja melaksanakan vaksinasi rabies sebagai upaya mempertahankan status bebas rabies yang sudah didapat DIY sejak 1997. Rabies merupakan salah satu penyakit menular yang berbahaya. Sejak berstatus bebas rabies, belum ada kasus lagi yang ditemukan di Kota Jogja. Pernah ada kasus gigitan anjing pada warga Mergangsan, namun setelah pemeriksaan hasilnya negatif rabies.

Untuk kontak dan informasi lebih detail, masyarakat bisa mengunjungi website atau media sosial Pemkot Jogja dan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Jogja.