Advertisement

OPINI: Mengenal Model Kepemimpinan Transformasional

Novita Krisna, Mahasiswa Magister Manajemen, FE UST Yogyakarta
Jum'at, 10 Juni 2022 - 07:07 WIB
Maya Herawati
OPINI: Mengenal Model Kepemimpinan Transformasional Novita Krisna, Mahasiswa Magister Manajemen, FE UST Yogyakarta

Advertisement

Pada  era  yang semakin maju dan bergerak dengan cepat, perusahaan memerlukan model kepemimpinan yang cocok diterapkan pada masing-masing perusahaan atau instansi.

Mari kita tilik apa itu kepemimpinan, menurut Wahjosumidjo (1987:11) kepemimpinan hakikatnya adalah suatu hal yang melekat pada seorang pemimpin yang memiliki sifat tertentu, seperti kepribadian, kemampuan, dan kesanggupan.

Advertisement

Ada beberapa definisi dari kepemimpinan antara lain:

  1. Getting thing done adalah mencapai hasil melalui orang lain.
  2. Menggerakkan orang lain untuk mencapai hasil kerja yang diinginkan.
  3. Kepemimpinan itu adalah pengaruh, tidak lebih tidak kurang.

Dari pengertian kepemimpinan tersebut dapat kita ketahui bahwa cara seseorang memimpin perusahaan sangat berpengaruh pada hasil capaian perusahaan atau instansi.

Banyaknya model kepemimpinan yang berbeda, pada penerapannya disesuaikan dengan lingkungan kerja masing-masing perusahaan atau instansi, salah satunya model kepemimpinan transformasional. Kepemimpinan transformasional bukanlah sebuah hal baru, istilah ini diciptakan oleh James MacGregor Burns pada 1978, namun baru dikenal luas dalam beberapa tahun terakhir. Kepemimpinan transformasional atau transformational leadership adalah sebuah gaya kepemimpinan yang mengidentifikasi perubahan yang diperlukan, menyusun visi yang akan membuka jalan bagi perubahan yang dibuat dan melaksanakan rencana yang diperlukan agar perubahan tersebut terjadi. Kepemimpinan transformasional dapat diartikan model kepemimpinan yang efektif untuk mengelola hubungan antara pemimpin dan bawahannya dengan menekankan pada faktor perhatian, komunikasi, kepercayaan, rasa hormat dan risiko.

Seorang pemimpin dapat dikategorikan mempunyai sifat kepemimpinan transformasional, jika memiliki sifat credible, artinya memiliki sifat konsisten dan komitmen terhadap apa yang diucapkannya dengan perbuatannya. Perlunya sifat carring, untuk menunjukkan kepedulian kepada bawahannya, sehingga membuat bawahan merasa diakui sebagai bagian dari organisasi. Diperlukan pula sifat creation opportunitues, yaitu memberikan peluang kepada bawahannya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya dalam bekerja. Sifat lainnya yang tidak kalah penting adalah communication, atau  keterampilan komunikasi yang baik terhadap bawahannya. Saat pemimpin memiliki ke empat sifat tersebut akan tercipta lingkungan kerja yang kondusif untuk mencapai tujuan perusahaan atau instansi.

Tiga Aspek Penting

Selain ke empat  sifat tersebut, terdapat tiga aspek penting dalam kepemimpinan transformasional. Pertama vision, adalah kemampuan diri untuk menggambarkan, dan meyakinkan bawahan tentang keadaan masa depan yang seperti apa dan bagaimana cara mewujudkannya. Kedua power, yaitu memiliki pengaruh dan kuasa terhadap bawahannya sehingga mendapat dukungan yang kuat untuk mencapai tujuannya. Yang terakhir adalah self confindence, yaitu kepercayaan diri untuk bertindak yang bersumber dari pengalaman. Saat ketiga aspek tersebut di miliki oleh pemimpin transformasional akan menciptakan lingkungan kerja yang dinamis, saling percaya, komunikasi yang baik dan lancar antarpimpinan dan bawahan.

Namun pada dasarnya model kepemimpinan yang akan diterapkan harus disesuaikan dengan keadaan lingkungan perusahaan atau instansi, sehingga pemimpin harus memilih model yang tepat. Oleh karena itu pemimpin harus dapat mengidentifikasi perubahan yang diperlukan guna kemajuan perusahaan atau instansi.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

DPMPTSP Bantul Fasilitasi UMKM Dalam Hal Peningkatan Daya Saing

Bantul
| Sabtu, 25 Juni 2022, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Mantul! Dewa 19 Konser di Candi Prambanan, 3 Vokalis Bakal Bertemu

Hiburan
| Jum'at, 24 Juni 2022, 14:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement