Advertisement

OPINI: Kesuksesan Bisnis Modern Coffee Shop di Pasar Tradisional

Vonezyo Yupanzara Dharomesz, Dosen Program Studi Manajemen, Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Kamis, 12 Januari 2023 - 06:07 WIB
Maya Herawati
OPINI: Kesuksesan Bisnis Modern Coffee Shop di Pasar Tradisional Vonezyo Yupanzara Dharomesz, Dosen Program Studi Manajemen, Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Advertisement

Mendengar kata coffee shop, pasti ada kesan modern, minimalis, hingga mungkin mewah terbesit di pikiran Anda. Tren coffee shop saat ini memang tidak stagnan tetapi justru makin dinamis. Coffee shop menjadi salah satu tujuan utama konsumen untuk menikmati rasa dan suasana yang ditawarkan.

Mulai dari kopi yang memiliki rasa luar biasa nikmatnya, pelayanan yang ramah dan membuat bahagia pelanggannya, lalu dengan suasananya, dan tak lupa juga mengenai pengalaman yang diciptakannya. Pengalaman menjadi faktor utama yang menjadi pertimbangan seorang konsumen dalam menentukan coffee shop yang hendak dikunjungi.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Pengalaman tersebut bisa didapatkan konsumen salah satunya berkaitan dengan lokasinya. Lokasi yang unik menarik konsumen untuk berusaha mencari informasi mengenai lokasi tersebut, kemudahan menemukannya, dan kenyamanan sesampainya di lokasi tersebut.

Namun bagaimana apabila coffee shop tersebut berada di tengah-tengah pasar yang identik dengan ingatan ataupun memori tradisional? Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Hal tersebut yang disuguhkan oleh Kedai Kopi Pak Agus, yang terletak di dalam Pasar Gede, Solo, Jawa Tengah, Indonesia.

Apabila diamati, coffee shop tersebut tidak berbeda dengan coffee shop pada umumnya yang menggunakan alat canggih dan modern untuk meracik segelas kopi. Pada umumnya coffee shop menyajikan lokasi di tengah keramaian kota, desain interior yang terkesan modern, ataupun memberikan daftar lagu yang mengikuti tren saat ini.

Tetapi berbeda dengan Kedai Kopi Pak Agus, yang mengusung konsep cukup otentik, berada di lokasi yang tidak biasa. Memiliki sebuah keunggulan kompetitif tersebut, Kedai Kopi Pak Agus menjangkau konsumennya untuk menikmati kopi di tengah-tengah suasana pasar konvensional, yang memberikan perpaduan kesan otentik dari sisi suasana tetapi tetap modern dari menu yang ditawarkan.

“Lokasi menentukan prestasi”, tentu pernyataan tersebut merupakan satu pernyataan yang berlaku secara umum, pun berlaku juga pada bisnis. Tetapi lebih sesuai ketika pernyataan tersebut dimodifikasi menjadi “Lokasi tempat ngopi, menentukan strategi”.

Beberapa hal menjadi keputusan suatu bisnis untuk menjadikan lokasi menjadi sumber inspirasi untuk menciptakan strategi. Strategi tersebut bisa mengantarkan bisnis kepada keberlanjutan bisnis dan pangsa pasar yang lebih luas.

Hal tersebut berhubungan dengan strategi pemasaran Kedai Kopi Pak Agus yang tidak banyak diterapkan oleh bisnis coffee shop. Bagaimana bisa lokasi menentukan strategi?

Potensi Pasar

Pada pemasaran membahas potensi pasar yang bisa dikembangkan melalui suatu strategi. Strategi pemasaran Kedai Kopi Pak Agus tersebut bisa diaplikasikan untuk jangka panjang dalam menjangkau pasar yang lebih luas dengan memanfaatkan pengunjung Pasar Gede. Potensi ini menjadikan Kedai Kopi Pak Agus bisa bertahan dan bersaing secara kompetitif meskipun berlokasi di pasar tradisional. Konsumen lebih mudah terpapar dengan Kedai Kopi Pak Agus sebagai coffee shop yang terlihat jelas di tengah-tengah Pasar Gede. Sehingga hal tersebut meningkatkan kesadaran merek Kedai Kopi Pak Agus. Selain itu, menentukan target pasar lebih mudah karena menyasar konsumen yang berada di sekitar Pasar Gede.

Analisis SWOT

Melalui Analisis SWOT sederhana, analisis ini memudahkan bisnis seperti coffee shop mengetahui kekurangan dan kelebihan serta peluang dan tantangan yang dihadapi. Mengedepankan pengalaman konsumen, Kedai Kopi Pak Agus memiliki kekuatan utama yaitu lokasi yang otentik dan tidak banyak kompetitor melakukan hal yang sama. Meskipun juga memiliki kelemahan karena sebenarnya konsumen bisa saja melewatkan coffee shop tersebut karena lokasi tidak terlihat langsung di bibir jalan. Peluang yang cukup menarik berkaitan dengan lokasi Kedai Kopi Pak Agus adalah mengenai pengalaman yang berbeda didapatkan oleh pengunjung pasar ketika berbelanja dan sekaligus bisa menikmati kopi di area tersebut.

Tantangannya, kompetitor dapat saja melakukan strategi serupa di masa mendatang dengan lokasi yang mungkin lebih berpotensi untuk memberikan pengalaman yang lebih bagi konsumen.

Diferensiasi

Strategi tersebut mungkin terkesan sederhana, tetapi sesungguhnya terdapat potensi luar biasa dalam mewujudkan pengalaman konsumen yang sama uniknya dengan Kedai Kopi Pak Agus. Konsep pemasaran yang menonjolkan keunikan suatu bisnis akan menjadi salah satu penentu posisi suatu bisnis pada persaingan yang tengah terjadi. Sehingga diferensiasi seperti ini menjadi sebuah karakter pembeda dari kompetitornya.

Khususnya untuk coffee shop yang sudah sangat beragam, memerlukan konsep pemasaran yang mengutamakan pengalaman pelanggannya. Memunculkan diferensiasi memudahkan proses positioning pada merek. Kedai Kopi Pak Agus akan lebih mudah diingat dengan sebutan coffee shop di tengah Pasar Gede.

Maka, pada tren saat ini bisnis tidak hanya mengacu kepada kualitas produk saja ataupun karakter produk yang dijual. Tetapi juga memperhatikan kondisi lokasi yang nantinya menentukan strategi bisnis tersebut. Seperti Kedai Kopi Pak Agus, strategi lokasi ini sangat berpengaruh pada keberlanjutan bisnisnya. Konsumen menjadi lebih mudah untuk tahu keberadaan bisnis tersebut dan lebih mudah untuk mengingat kembali merek coffee shop Kedai Kopi Pak Agus tersebut.

Selanjutnya, strategi lokasi inilah yang menjadi sebuah pengalaman baru untuk konsumen sebagai wujud nilai tambah dan pembeda dari kompetitornya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Dua Varietas Baru Durian Diperkenalkan di Embung Tonogoro

Kulonprogo
| Minggu, 05 Februari 2023, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Lirik 'Angin' Dewa 19, Lagu Pembuka Konser di JIS

Hiburan
| Minggu, 05 Februari 2023, 16:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement