Advertisement

Pabrik Energi Mitokondria Diturunkan dari Ibu

Annisa Khumaira,S.P.,M.Biotech, Dosen Prodi Bioteknologi, FST, Unisa Jogja
Senin, 08 April 2024 - 13:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Pabrik Energi Mitokondria Diturunkan dari Ibu Annisa Khumaira,S.P.,M.Biotech Dosen Prodi Bioteknologi, FST, Unisa Jogja. Istimewa

Advertisement

Tubuh terdiri dari triliunan sel yang merupakan unit terkecil dari suatu makhluk hidup. Dalam sistem regulasi, sel membutuhkan energi yang digunakan untuk membentuk protein, memperbanyak materi genetik, dan masih banyak kegiatan sel lainnya. Pabrik penghasil energi pada sel manusia disebut dengan mitokondria dan bentuk energi yang dihasilkan oleh mitokondria berupa ATP (adenosin trifosfat) melalui proses respirasi.

Nantinya, ATP akan melepaskan salah satu gugus fosfatnya dan berikatan dengan molekul (contohnya protein) yang perlu diberi energi agar molekul tersebut dapat menjalankan regulasinya. Jumlah mitokondria pada tiap sel berbeda–beda, tergantung dari jenis selnya. Sel yang membutuhkan ATP lebih banyak maka akan memiliki mitokondria yang lebih banyak seperti sel otot dan sel jantung, tetapi rata–rata jumlah mitokondria pada tiap sel berkisar antara 1000 – 2500 mitokondria.

Advertisement

Uniknya mitokondria diturunkan hanya dari ibu, ketika sel telur ibu dan sel sperma ayah bersatu dalam pembuahan (fertilisasi) maka pada sel telur telah tersedia mitokondria yang nantinya akan dibawa oleh semua sel–sel anak. Jadi ibu selain menurunkan genetik seperti ayah, ibu juga menurunkan mitokondrianya kepada anak. Artinya ibulah yang menurunkan pabrik energi dalam sel kepada anaknya.

Sampai–sampai beberapa ilmuwan memberikan guyonan, pilihlah calon istri dari mitokondrianya, ibu yang aktif maka tentu saja mitokondrianya akan lebih aktif dan jumlahnya lebih banyak. Di dalam mitokondria sendiri memiliki materi genetik yang disebut dengan mtDNA (mitochondrial DNA) di luar materi genetik yang ada pada nukleus, sehingga ibu tidak hanya menurunkan genetiknya yang ada pada nukleus saja tetapi juga pada mitokondria.

Begitu pentingnya peran ibu pada setiap kehidupan manusia bahkan dari awal kehidupan seorang anak terbentuk. Tidak heran banyak ayat di Alquran yang menekankan kepentingan berbakti kepada seorang ibu, seperti dalam QS Maryam ayat 32 “dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka”. Selain dalam Alquran, Rasulullah sendiri juga bersbada kepentingan untuk berbakti kepada ibu, seperti dalam Hadist Bukhari “Seorang pria pernah mendatangi Rasulullah SAW lalu berkata : Wahai Rasulullah, siapa yang paling berhak aku perlakukan dengan baik? Nabi menjawab: Ibumu. Lalu siapa lagi? Nabi menjawab: Ibumu. Lalu siapa lagi? Nabi menjawab: Ibumu. Lalu siapa lagi? Nabi menjawab: ayahmu, lalu yang lebih dekat setelahnya dan setelahnya”

Manfaat Puasa

Banyak penelitian yang menyatakan mengenai manfaat puasa, ternyata puasa juga memiliki manfaat terhadap mitokondria. Sepanjang hidup mitokondria tidak pernah berhenti menghasilkan energi, energi yang dihasilkan oleh mitokondria didapat dari hasil cerna makanan. Puasa memberikan kesempatan kepada mitokondria untuk menurunkan kinerjanya agar tidak terlalu berat. Selain itu, puasa juga memicu beragam adaptasi fisiologis pada mitokondria di antaranya pembelahan dan respirasi untuk memfasilitasi kelangsungan hidup. mTORC2 adalah salah satu komplek protein yang terekativasi ketika puasa sehingga membuat aktivitas fisiologis tersebut menjadi lebih baik.

Puasa tidak hanya bisa dilakukan pada bulan Ramadan. Ada beberapa puasa sunah yang dapat dilakukan di luar bulan Ramadan. Selain mendapatkan pahala banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan. Ada baiknya jika kegiatan puasa juga dijadikan gaya hidup sehingga menjadi terbiasa.

Sumber:

Martinez-Lopez, N., Mattar, P., Toledo, M., Bains, H., Kalyani, M., Aoun, M. L., & Singh, R. 2023. mTORC2–NDRG1–CDC42 axis couples fasting to mitochondrial fission. Nature Cell Biology, 25(7), 989-1003.

Pizzorno, J. 2014. Mitochondria – Fundamental to life and health. Integrative Medicine. 13(2),8-15.

Gambar:

Helmenstine, A. 2024. Mithocondria-Definition, structure, function. Diakses 2 April 2024, https://sciencenotes.org/mitochondria-definition-structure-function/

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Beli Tiket Kereta Bandara YIA Bisa via Online, Begini Caranya

Jogja
| Selasa, 30 April 2024, 01:37 WIB

Advertisement

alt

Lirik Lagu SPOT, Duet Zico dengan Jennie BLACKPINK yang Hebohkan BLINK

Hiburan
| Senin, 29 April 2024, 12:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement