Advertisement

OPINI: Revolusi Merah Putih & Susu Gratis

Rochadi Tawaf
Sabtu, 13 Juli 2024 - 06:07 WIB
Bhekti Suryani
OPINI: Revolusi Merah Putih & Susu Gratis Rochadi Tawaf - JIBI

Advertisement

Para ahli menyatakan komoditas susu sapi memiliki peran penting dalam membentuk kecerdasan manusia. Manfaat nutrisi susu dapat meningkatkan daya ingat dan nalar anak, dengan kata lain kandungan nutrisi pada susu dapat membantu meningkatkan kemampuan kecerdasan otak anak manusia.

Pendapat inilah yang mendasari, para tokoh pimpinan masyarakat beramai-ramai membuat program minum susu, dengan berbagai slogan. Prabowo Subianto sejak menjabat sebagai Ketua Umum HKTI memiliki program Revolusi Putih yang terus dilanjutkan saat dirinya menjadi Ketua Umum Parta Gerindra.

Advertisement

Program itu merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan konsumsi susu bagi anak-anak dan remaja. Manfaat langsung kegiatan itu adalah meningkatkan kualitas SDM. Tidak hanya HKTI dan Gerindra yang melaksanakan program tersebut, program minum susu juga dilakukan oleh pemda yang peduli, melalui Gerakan Minum Susu bagi Anak Usia Sekolah (GERIMIS BAGUS), Susu Sekolah, dan masih banyak kegiatan minum susu lainnya yang dicanangkan oleh masyarakat, termasuk Gerakan Minum Susu Bagi Seluruh Karyawan (GERIMIS SEKAWAN), maupun kampanye minum susu pada Hari Susu Nusantara setiap tahun.

Realitanya semua program ini kandas di tengah jalan, karena kegiatan merupakan ‘charity’ yang sifatnya musiman dan tidak berkelanjutan. Selain itu, masalah dasarnya adalah tidak ada kebijakan politik dan dana yang cukup, sehingga manfaatnya tidak dirasakan langsung oleh bangsa ini.

Sementara itu, minum susu gratis yang merupakan program spektakulernya Prabowo Subianto sebagai presiden terpilih merupakan janji politik. Tentunya ini menjadi wajib untuk dilaksanakan dan harus berhasil. Pada cetak biru persusuan nasional, target konsumsi susu di dalam negeri pada 2026 akan terpenuhi sekitar 60%, dengan asumsi kemampuan produktivitas sapi perah sekitar 20 liter/hari, konsumsi susu meningkat menjadi 30 liter/kapita/tahun, populasi sapi perah menjadi 1,8 juta ekor, peningkatan populasi betina laktasi menjadi 50% populasi betina produktif.

Namun, kondisi saat ini kontribusi produksi SSDN (Susu Segar Dalam Negeri) belum beranjak sesuai dengan target yang dibuat, bahkan cenderung menurun dari base line 22%, masih di bawah 20% untuk memenuhi kebutuhan nasional. Menurut data kementerian Perindustrian (2022), kebutuhan susu dalam enam tahun terakhir meningkat rata-rata 6% per tahun, sedangkan produksi SSDN hanya tumbuh 1% saja.

Artinya, jika tidak diintervensi, diprediksi akan terjadi kesenjangan yang makin melebar antara produksi SSDN dan importasinya. Karut-marut persusuan terjadi pascaterbitnya Inpres No. 4/1998, dan terus berlanjut dengan munculnya wabah PMK dan LSD hingga kini. Indikatornya adalah jumlah koperasi/KUD susu anggota GKSI hanya tinggal 50-an koperasi dari 200-an Koperasi/KUD susu.

Produksi SSDN yang dihasilkan semula mampu berkontribusi 50%, kini hanya tinggal 17%. Belajar dari sejarah suksesnya pembangunan persusuan nasional di era Orde Baru, dan bagaimana menghapus potret buram persusuan nasional, sepertinya hanya melalui revolusi kebijakan, yaitu pemerintah segera menerbitkan Perpres tentang persusuan nasional.

Susu Gratis

Oleh sebab itu, program minum susu gratis diyakini sebagai jawaban dari kebijakan yang revolusioner untuk kebangkitan persusuan nasional. Banyak pihak menyangsikan keberhasilan dari kebijakan ini. Benar, jika kita melakukannya seperti biasa-biasa saja (business as usual), konsep Prabowo yang menyatakan untuk memenuhi kebutuhan program minum susu gratis diperlukan populasi 2,5 juta ekor sapi perah. Dari mana kita memperoleh sapi sebanyak itu dalam waktu singkat?

Apabila dilihat fakta lapangan, tidak mungkin kita mendapatkannya dari Australia, Brasil, maupun New Zealand, atau bahkan dari Amerika Serikat sekalipun. Contoh yang dapat dijadikan teladan adalah keberhasilan China dalam membangun persusuannya dalam 20 tahun terakhir, sejak akhir abad 20. Penulis menyaksikannya sendiri penerapan konsep ‘embrio transfer (ET) dan sewa rahim sapi’ pada peternak rakyat di China.

Melalui pola kemitraan, industri peternakan sapi perah di China mampu menorehkan prestasi menjadi 10 besar penghasil susu di dunia. Artinya, dengan melakukan inovasi teknologi yang didukung dengan dana yang cukup, serta kebijakan yang kondusif akan mampu merealisasikan program-program spektakuler, seperti minum susu gratis.

Semua menyadari bahwa janji politik minum susu gratis akan memiliki dampak positif terhadap pembangunan SDM nasional. Dampak langsung yang dirasakan, selain akan meningkatkan konsumsi dan ketersediaan SSDN, juga akan mampu menyediakan daging merah hasil produksi ikutannya. Atas dasar inilah program minum susu gratis bisa disebut juga sebagai gerakan ‘revolusi merah putih’. Selain menghasilkan susu sebagai emas putih, juga akan menyediakan daging sebagai emas merah bagi kebutuhan masyarakat yang selama ini ketersediaannya dipenuhi oleh impor. Semoga semua ini menjadi kenyataan.

Rochadi Tawaf
Dewan Pakar Perhimpunan Peternak Sapi dan Kerbau Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal DAMRI ke Pantai Baron Gunungkidul, Parangtritis Bantul, Candi Prambanan dan Borobudur, Cek di Sini

Jogja
| Minggu, 08 September 2024, 05:27 WIB

Advertisement

alt

PROJEK-D VOL.3 Siap Guncang DeTjolomadoe Akhir Pekan Ini

Hiburan
| Sabtu, 07 September 2024, 20:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement