Advertisement

OPINI: Memanfaatkan Digital Marketing di Masa Pandemi Covid-19

Rofina Ernesta Habu, Mahasiswa S2 Prodi Magister Manajemen (MM), Fakultas Ekonomi UST
Selasa, 07 Juni 2022 - 06:07 WIB
Maya Herawati
OPINI: Memanfaatkan Digital Marketing di Masa Pandemi Covid-19 Rofina Ernesta Habu, Mahasiswa S2 Prodi Magister Manajemen (MM), Fakultas Ekonomi UST

Advertisement

Dalam upaya untuk mengembangkan bisnis tentu adanya sebuah perencanaan. Tujuan adanya perencanaan ini adalah untuk mengatur arah sebuah kesuksesan perusahaan. Sebuah perusahaan memiliki kualitas produk yang baik tetapi tidak memiliki strategi yang baik maka perusahaan tersebut tidak bisa memperoleh keuntungan banyak.

Tanpa sebuah strategi pemasaran yang baik maka bisa dikatakan cukup sulit untuk mengembangkan bisnis. Strategi pemasaran ini merupakan cara untuk memasarkan serta mengenal suatu produk maupun jasa pada masyarakat luas, strategi pemasaran ini dapat dimaknai dengan rentetan usaha yang dilakukan perusahaan dalam mencapai tujuan.

Dalam suatu bisnis ada tiga hal yang merupakan penentu dalam menjual harga barang dan jasa yang terdiri dari produksi, pemasaran dan konsumsi Sehingga pemasaran dapat dikatakan sebagai penghubung produsen dan konsumen.

Salah satu kebiasaan baru yang ditemukan di situasi pandemi Covid-19 tidak hanya mengubah cara hidup masyarakat tetapi juga merombak strategi bisnis di dunia usaha, strategi yang paling efektif dalam situasi pandemi ini adalah dengan memanfaatkan digital marketing.

Teknologi kini semakin canggih, digital marketing menjadi hal yang penting untuk mengembangkan usaha bisnisnya. Secara sederhana digital marketing atau pemasaran digital adalah upaya pemasaran atau promosi yang dilakukan melalui perangkat elektronik atau internet. Dalam teknik pemasaran dan promosi sebuah produk dengan memanfaatkan media digital bisnis bisa berkembang lebih maju lagi, karena digital pemasaran ini merupakan salah satu strategi yang paling ampuh di tengah pandemi Covid-19. Situasi sekarang membatasi ruang untuk bertemu langsung dengan konsumen.

Melalui social media digital pelaku usaha dengan mudah untuk memasarkan melalui media yang ada di sekitarnya. hal ini dapat menarik konsumen atau calon konsumen secara cepat. Jika target pasaran tersebut merupakan orang orang yang terhubung langsung dengan Internet dan media sosial maka dengan memanfaatkan digital marketing ini merupakan cara yang tepat untuk mengembangkan bisnis di tengah pandemi Covid-19 karena memiliki cakupan yang luas, tersebar dengan cepat dan mempermudahkan melakukan evaluasi.

Semenjak wabah Covid-19 menyebar keseluruh dunia perilaku konsumen untuk berbelanja online mulai meningkat itulah akibatnya mengapa sebuah bisnis memanfaatkan digital marketing, sebelum memulai sebuah bisnis harus memastikan bahwa bisnis dapat ditemukan oleh konsumen ketika konsumen mencari sebuah produk di internet. Untuk menjalankan jenis pemasaran ini sebuah bisnis dapat menggunakan Google (mesin pencari), media, email atau situs web untuk menjangkau pelanggan.

Menyadari pandemi Covid-19 yang diisukan belum berakhir, sebaiknya perusahaan menjalankan bisnisnya dengan memanfaatkan strategi digital marketing agar bisa bertahan di masa sekarang.

Pertama, Search Engine Optimization (SEO) yang merupakan strategi untuk meningkatkan visibilitas website di halaman mesin pencari Google. Saat ini sebagian besar konsumen menggunakan Google untuk mencari informasi, layanan ataupun produk. Dengan melakukan Strategi SEO website bisa mendaptkan pringkat yang tinggi di google sehingga memperoleh peluang besar dalam mendapatkan pelanggan.

Advertisement

Kedua, iklan berbayar Pay Click, selain menggunakan SEO website juga dapat ditampilkan diposisi teratas google menggunakan iklan PPC  atau pay per click adalah pemasaran digital di mana harus membayar setiap kali iklan yang ditampilkan atau dibuka oleh user. Membuat daftar keyword yang relevan dengan bisnis agar iklan dapat ditampilkan ketika user melakukan pencarian menggunakan keyword yang sudah targetkan sebelumnya.

Ketiga, media social marketing, penggunaan sosial media di masa pandemi ini  dikarenakan orang orang melakukan social distancing untuk mencegah penularan virus.

 

Advertisement

Pelanggan Baru

Melihat tren penggunaan media sosial saat ini, pemilik bisnis dan marketing seharusnya dapat menjadikan peluang untuk menjangkau pelanggan baru. Contoh platform media sosial yang sedang popular dan digunakan banyak orang saat ini untuk pemasaran melalui digital adalah Tik Tok, Facebook, Instagram, dan Youtube.

Selama masa pandemi ini orang orang tertarik untuk membeli produk melalui media sosial. Jadi sediakan konten pemasaran dengan tampilan yang menarik dan sekreatif mungkin  agar konsumen tertarik dengan produk yang di pasarkan.

Strategi digital marketing dapat dikombinasikan dengan influencer marketing untuk menghasilkan lebih banyak penjualan. Influencer marketing merupakan salah satu bentuk social media marketing yang mengunakan endorsement. Karena jika ada sebuah produk yang akan direkomendasikan oleh influencer kemungkinan banyak followers-nya akan membeli produk yang dipromosikan dan sebagian mulai tahu adanya nama produk atau brand tersebut.

Advertisement

Di kondisi pandemi Covid-19 sekarang para pelaku usaha harus menerapkan strategi pemasaran digital marketing karena berbisnis secara digital memungkinkan para pelanggan untuk menemukan produk yang akan dipilih.

Sekarang sudah diketahui bahwa memanfaatkan digital marketing akan memperoleh manfaat yang sangat besar dan menjalankan usaha bisnis. Contoh manfaat dari digital marketing utamanya adalah untuk menjangkau target-target konsumen yang lebih luas, mempermudah perilaku konsumen dan menjaga hubungan baik serta mempermudah personalisasi produk sesuai karakteristiknya.

Strategi marketing yang tepat tentunya dapat mengembangkan bisnis jauh lebih baik dengan memanfaatkan teknologi yang terus berkembang. Memanfaatkan berbagai media sosial itu contohnya Instagram, Tik Tok, Twitter, mulailah memanfaatkan akun media sosial yang bagus untuk membangun dan meningkatkan nama produk sehingga dikenal lebih luas agar dapat meningkatkan penjualan yang lebih baik di situasi pandemi seperti ini.

Advertisement

 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadwal Donor Darah dan Stok Darah di DIY Hari Ini

Jogja
| Kamis, 07 Juli 2022, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Sinopsis Sabotage, Film Arnold Schwarzenegger di Trans TV Malam Ini

Hiburan
| Kamis, 07 Juli 2022, 08:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement