Advertisement

OPINI: Panic Buying, Susu Kaleng Cap Beruang Lawan Covid19?

Agil Dhiemitra Aulia Dewi, Dosen Program Studi Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan Unisa Yogyakarta
Jum'at, 09 Juli 2021 - 06:47 WIB
Maya Herawati
OPINI: Panic Buying, Susu Kaleng Cap Beruang Lawan Covid19? Agil Dhiemitra Aulia Dewi, Dosen Program Studi Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan Unisa Yogyakarta

Advertisement

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia sejak akhir 2019 hingga saat ini menimbulkan keresahan bagi masyarakat maupun negara-negara di seluruh dunia.

Insiden penderita Covid-19 yang semakin meningkat terutama dalam beberapa minggu terakhir, menimbulkan berbagai fenomena dimasyarakat salah satunya adalah panic buying obat, suplemen, hingga makanan dan minuman yang diklaim dapat membantu mempercepat kesembuhan atau mencegah Covid-19 menyerang tubuh.

Advertisement

Susu kaleng cap beruang menjadi topik panas saat ini yang dianggap dapat menyembuhkan Covid-19 hingga banyak terjadi pembelian yang massif hingga kericuhan di toko hanya untuk berebut membeli susu tersebut.

Pertanyaannya, apakah benar susu tersebut memang berkhasiat menyembuhkan Covid19 atau dapat meningkatkan imun tubuh?

Oleh karena itu, mari kita dibahas satu persatu. Pertama, dilihat dari komposisinya, susu kaleng cap beruang mengandung zat gizi susu pada umumnya yaitu lemak (lemak jenuh dan kolesterol), protein, karbohidrat dan natrium.

Komposisi ini juga bisa ditemukan di susu murni maupun susu kemasan lainnya, sehingga tidak ada yang spesial. Dari segi kemasan memang susu kaleng cap beruang ini lebih unggul dikarenakan terkesan lebih premium karena menggunakan metode sterilisasi sehingga dikenal dengan susu steril dan dikemas dalam kaleng.

Terdapat beberapa jenis sterilisasi dalam susu komersial, yaitu pasteurisasi, Ultra High Temperature (UHT) sterilization, dan sterilisasi (susu steril). Dari ketiga metode ini, sterilisasi untuk menghasilkan susu steril membutuhkan waktu pemanasan paling lama.

Kedua, manfaat susu dapat mencegah infeksi sebenarnya sudah terbukti dari sejak lama, terutama pada kolostrum ASI yang memiliki kandungan Immunoglobulin (Ig) yang tinggi (200 g/L), sedangkan susu sapi rata-rata mengandung 1 g/L per 30 g/L protein susu.

Immunoglobulin mudah rusak jika dipanaskan, sedangkan pada susu olahan umumnya dilakukan sterilisasi pada suhu tinggi, sehingga Sebagian Ig pada susu sapi dimungkinkan rusak.

Berdasarkan bukti penelitian ilmiah terkini, diungkapkan bahwa susu sapi yang berasal dari sapi yang sudah divaksinasi agar kebal terhadap bovine coronavirus (BCov), kemungkinan besar mampu mengontrol jenis virus corona lainnya seperti SARS CoV-2 yang menyebabkan Covid-19. Namun untuk menyatakan bahwa Bovine coronavirus immune milk (BIM) dapat efektif melawan Covid-19 masih membutuhkan tahapan uji yang cukup Panjang.

Dalam kasus penyakit infeksi, terjadi peningkatan kebutuhan protein untuk menunjang kesembuhan, termasuk juga Covid-19 yang merupakan penyakit infeksi pernafasan. Protein dapat diperoleh dari banyak sumber yaitu sumber hewani dan nabati.

Sumber Protein

Protein dari sumber hewani memiliki daya cerna yang lebih tinggi dibandingkan nabati, sehingga dalam asupan makan sehari-hari harus ada sumber protein hewani dan nabati. Sumber protein hewani tidak hanya berasal dari susu, namun bisa diperoleh dari ikan, daging, seafood, telur. Sehingga menganggap susu sebagai satu-satunya yang dapat menyembuhkan penyakit tidak tepat.

Alangkah baiknya masyarakat tidak terbawa suasana dan berita yang belum diketahui kebenarannya secara ilmiah. Jika tidak ada susu cap beruang, sumber protein masih dapat digantikan oleh susu merek lain ataupun sumber protein hewani lainnya.

Kuncinya justru pada pengaturan pola makan dan melaksanakan protokol kesehatan dalam agar dapat selalu terjaga kesehatannya, konsumsi gizi seimbang yang mengandung makanan pokok, lauk hewani, lauk nabati, sayur, dan buah. Jika masih merasa kurang, boleh ditambahkan dengan susu atau sumber protein yang lain

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemkab Sleman Berupaya Mempercepat Penurunan Angka Stunting

Sleman
| Jum'at, 19 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Film Korea Selatan Terbaru, Jo Jung Suk Tampil sebagai Pilot Cantik

Hiburan
| Rabu, 17 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement