Advertisement

OPINI: Humas Harus Lebih Adaptif pada Era Ketidakpastian

Willy Bachtiar
Selasa, 31 Januari 2023 - 06:07 WIB
Maya Herawati
OPINI: Humas Harus Lebih Adaptif pada Era Ketidakpastian

Advertisement

Tentu kita harus percaya dan tetap optimistis bahwa kita memiliki resiliensi dan bahkan dapat melesat me­lam­paui pencapaian tahun se­be­lumnya yang cukup sulit aki­bat pandemi Covid-19 dan tentunya menghadapi re­se­si global saat ini, di mana In­do­ne­sia diakui oleh global leaders menjadi negara yang paling tepat dan cepat dalam mengatasi pandemi covid-19 dan berhasil menjaga stabilitas ekonomi.

Terlepas dari hal yang sedang terjadi di dunia, fungsi dan dampak dari Humas tetaplah sama. Saat krisis, kepercayaan menjadi lebih penting dari sebelumnya dan tentu sudah merupakan tugas utama Humas untuk membentuk kepercayaan tersebut.

Advertisement

Humas dapat membentuk re­putasi perusahaan yang le­bih baik di saat krisis. Sa­lah sa­tu­nya, dengan cara me­nyam­paikan informasi kepa­da kha­layak tentang ak­ti­vitas, ke­ma­juan, dan em­pati dari or­ga­nisasinya. Se­lain untuk mem­­per­tahankan reputasi, pe­ran Humas ju­ga berdampak ter­hadap ke­untungan jangka pan­jang perusahaan.

Beberapa tahun terakhir memang revolusioner untuk bidang kehumasan. Sektor Ke­hu­masan terus-menerus di­tan­tang oleh berbagai gejolak, ha­dirnya teknologi baru, lans­kap media yang berubah, munculnya platform sosial baru dan cara menggunakan­nya yang selalu berubah, be­lum lagi adopsi kecerdasan buat­an yang makin meluas, serta permintaan berbasis da­ta untuk model metrik baru te­lah mendorong humas ke area fokus baru.

Rencana dan cara kerja humas harus memasukkan beberapa tren paling menonjol yang telah teridentifikasi saat kita mempersiapkan diri untuk menyambut 2023 dan terus tumbuh da­lam menghadapi peruba­han besar dalam industri se­ca­ra luas pada era BANI (brittle/rapuh; anxiety/keadaan yang mengkhawatirkan; non-linear/tidak lurus; incomprehensible/sulit dipahami), yang muncul setelah VUCA.

Dunia bisnis banyak yang roboh akibat kesulitan menghadapi kondisi ini. Kita makin yakin bahwa tahun ini dan tahun-tahun ke depan tidak dapat diprediksi. Hal ini menuntut setiap Hu­mas untuk mempertajam ke­te­rampilan lebih dari se­be­­lum­nya, lebih gesit, lebih ba­nyak mendengarkan audiens, dan lebih banyak kreativitas.

Kepemimpinan kolaboratif (collaborative leadership) merupakan kunci penting yang harus dimiliki oleh se­orang Humas dalam menyikapi kon­disi BANI agar mampu ber­adaptasi dan lebih agile ser­ta mampu melakukan te­robosan serta inovasi baru. Da­lam mengembangkan op­timis­me profesi humas pada 2023, keterampilan ter­atas yang dibutuhkan untuk berhasil adalah kecerdasan buatan yang melampaui SEO dan membuka pintu kepada narasi berbasis data dan pembuatan konten yang powerfull.

Meskipun pada penerapaan­nya akan menjadi hibryd di ­an­tara manusia dan mesin saat AI memasuki siklus hidup proses komunikasi. Kesuksesan PR pun akan ber­gantung pada keterlibatan audiens secara khusus. Kita telah melihat kembalinya pengalaman sebagai cara untuk mendorong promosi word of mouth, tetapi dirancang ulang untuk lebih adaptif pada era digital dan penuh ke­ti­dak­pastian ini. Juga yang ti­dak kalah penting prediksi bah­wa tahun 2023 akan terja­di peningkatan keterlibatan ko­mu­ni­tas influencer dan pe­nem­patan perolehan target yang sangat spesifik.

Media Sosial

Tantangan PR terbesar adalah menjangkau audiens secara efektif melalui media sosial.

Social media is dead. Long live social media! Mungkin sedikit dramatis, tetapi tidak diragukan lagi bahwa era media sosial yang didominasi oleh Facebook, Instagram, dan Twitter sudah lama berlalu. Facebook masih memiliki miliaran pengguna, tetapi tidak ada yang benar-benar suka menggunakannya,

Media digital dan pembuatan konten juga menjadi pusat perhatian pada tahun ini dengan perubahan audiens yang signifikan dengan penekanan lebih besar pada Gen Z. Di sinilah strategi penggunaan media berbayar akan menjadi makin penting.

Profesional humas pun dituntut untuk mampu menjadi copywriter yang andal untuk untuk mengembangkan narasi pada konten yang akan disalurkan melalui media terintegrasi berbayar dan berdurasi panjang bahkan melalui omnichannel.

Dunia kehumasan berubah dengan cepat, dan sekarang adalah waktu untuk tetap selaras dengan apa yang terjadi. Makin kita dapat beradaptasi, makin baik untuk kita maupun perusahaan/instansi tempat kita bekerja yang dapat membantu meningkatkan brand equity.

Last but not least, keteram­pilan yang dibutuhkan untuk berhasil dalam dunia kehumas­an pada 2023 adalah men­jadi “Jack of All Trades”, men­jadi seorang profesional Humas yang memiliki penga­lam­an luas dan kemampuan yang kompleks akan memiliki lebih banyak peluang daripada humas yang memiliki spesialisasi dalam satu bidang tertentu saja.

Yakinkan 2023 menjadi milik kita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Lirik Lagu Kristen Tak Terbatas, Tuhan Akan Angkat Kamu From Mess to Masterpiece!

Hiburan
| Jum'at, 19 April 2024, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement