Advertisement

OPINI: Peran Perbankan dalam Memperkuat Keamanan Nasional

Nova Nungki
Selasa, 18 April 2023 - 06:27 WIB
Bhekti Suryani
OPINI: Peran Perbankan dalam Memperkuat Keamanan Nasional Nova Nungki - Dok. Pribadi

Advertisement

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam dan memiliki potensi besar dalam bidang ekonomi. Sebagai negara dengan penduduk terbesar keempat di dunia, Indonesia memiliki tantangan dalam menjaga keamanan nasional dan menjaga kedaulatan negara.

Salah satu sektor yang dapat berkontribusi dalam menjaga keamanan nasional adalah sektor perbankan. Sebagai lembaga keuangan yang bertanggung jawab atas pengelolaan dana publik, sektor perbankan memiliki peran strategis dalam mempertahankan keamanan nasional dan menjaga kedaulatan negara.

Advertisement

Salah satu bentuk aksi bela negara yang dapat diimplementasikan adalah dengan mengambil tindakan preventif terhadap aktivitas keuangan yang mencurigakan, seperti transaksi yang mencurigakan atau penipuan.

Selain itu, juga dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya aksi bela negara melalui kegiatan sosial, seperti kampanye sosialisasi tentang pentingnya keamanan nasional dan pentingnya menjaga keutuhan negara. Agar mampu berperan sebagai agen perubahan di lingkungan sosialnya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang aksi bela negara.

Selain itu, juga dapat berpartisipasi dalam kegiatan lainnya, seperti mengikuti program pelatihan dan pengembangan diri, atau kegiatan keagamaan yang mendukung keutuhan negara untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk meningkatkan kontribusinya dalam menjaga keamanan dan keutuhan negara.

Sektor perbankan juga dapat melakukan kerja sama dengan lembaga pemerintah dan swasta lainnya untuk mendorong implementasi aksi bela negara agar dapat berperan sebagai mitra strategis pemerintah dalam membangun dan mempertahankan keamanan nasional.

Implementasi aksi bela negara di sektor perbankan merupakan hal yang sangat penting dalam menjaga keamanan nasional dan menjaga kedaulatan negara.

Sebagai salah satu sektor yang memiliki peran strategis dalam pembangunan ekonomi nasional, sektor perbankan harus memainkan peran penting dalam memperkuat sistem keamanan nasional dan menjaga keutuhan negara. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya-upaya yang terus menerus untuk meningkatkan kesadaran dan implementasi aksi bela negara di dalam sektor perbankan, sehingga dapat memberikan kontribusi yang lebih besar dalam pembangunan nasional. (**)

Nova Nungki

Civitas Akademika Magister Manajemen UPN Veretan Yogyakarta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Hadapi Ancaman Kekeringan, BPBD Bantul Siapkan Dua Armada Tangki Air

Bantul
| Senin, 24 Juni 2024, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Konser Musik dan Event di Jogja, 22-30 Juni, Ada Iwan Fals, Shaggydog, Maliq D' Essentials hingga Festival Tradisional

Hiburan
| Jum'at, 21 Juni 2024, 19:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement