Advertisement

OPINI: Peran Prodi Teknik Mesin Institut Teknologi Nasional Yogyakarta dalam Membantu Masyarakat

Agus Dwiyanto & Hasanudin, Dosen Teknik Mesin ITNY
Jum'at, 30 Agustus 2024 - 15:27 WIB
Maya Herawati
OPINI: Peran Prodi Teknik Mesin Institut Teknologi Nasional Yogyakarta dalam Membantu Masyarakat Agus Dwiyanto (kiri) & Hasanudin, Dosen Teknik Mesin ITNY

Advertisement

Prodi teknik mesin ITNY melakukan upaya dan inovasi untuk membantu masyarakat dalam bidang teknologi teknologi tepat guna (TTG).

Adapun target pengguna alat atau mesin TTG ini ditujukan untuk masyarakat di perdesaan yang bergerak dalam bidang usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) peternakan, dan pertanian.

Advertisement

Sesuai dengan definisinya TTG merupakan teknologi yang memanfaatkan potensi sumber daya yang ada, untuk memecahkan masalah masyarakat.

Dengan adanya TTG diharapkan dapat membuat tugas atau kegiatan sehari-hari masyarakat menjadi lebih mudah.

Prodi Teknik Mesin ITNY telah banyak membuat alat TTG seperti mesin perajang bawang, mesin pemipil jagung, mesin penyiang gulma, mesin pencacah pakan ternak kambing, mesin penggiling bawang putih, dll.

Alat/mesin tersebut tentunya dibuat berdasarkan kebutuhan masyarakat, ramah lingkungan serta dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara mudah.

Penyerahan Mesin Pencacah Rumput dari LPPMI dan dosen ITNY kepada Pemerintah Desa Towangsan

ITNY selalu mendorong civitas akademika untuk melalukan  penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui Lembaga Penelitian Pengabdian kepada Masyarakat  dan Inovasi (LPPMI) dengan pemberian pendanaan untuk melalukan kegiatan tersebut.

Salah satu kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa Prodi Teknik Mesin ITNY yaitu Abdimas di Desa Towangsan Gantiwarno , Klaten. Kegiatan tersebut berupa pembuatan mesin pencacah pakan ternak kambing.

Pembudi daya kambing di Desa Towangsan memiliki kendala terkait dengan pengolahan pakan kambing.

Saat musim kemarau peternak kesulitan untuk mencari pakan kambing yang berdampak pada pertumbuhan ternak kambing dan menghabiskan waktu yang lama untuk mencari rumput sebagai pakan.

BACA JUGA: 14 Calon Kepala Daerah Bersaing di Pilkada Kabupaten Kota DIY, Ini Daftarnya

Sehingga untuk memecahkan masalah tersebut dibutuhkan pengolahan pakan kambing yang baik.

Dosen dan mahasiswa ITNY membuat mesin pencacah rumput untuk membantu peternak dalam mengolah pakan.

Rumput yang telah tercacah dengan ukuran tertentu dapat diberikan langsung ke kambing sehingga mengurangi pakan yang terbuang (sisa pakan).

Selain itu saat musim penghujan pakan ternak akan berlimbah, rumput perlu dicacah dan diolah lebih lanjut dengan cara difermentasi untuk memperpanjang masa simpan, mengantisipasi kesulitan pakan pada musim kemarau.

Di sisi lain pencacahan rumput sebelum diberikan ke kambing akan membantu proses pencernaan, menghindari kambing pilih-pilih makanan.

LPPMI ITNY menyerahkan Mesin pencacah pakan ternak dan pelatihan penggunaan mesin pencacah pakan ternak kepada pembudi daya peternakan kambing di Desa Towangsan. Harapannya dengan mesin pencacah pakan ternak ini dapat mempermudah peternak dalam pengolahan pakan ternak sehingga adanya peningkatan produktivitas dan efisiensi. (***)

 

Daftar Pustaka

Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2001 tentang Penerapan dan Pengembangan Teknologi Tepat Guna

Napid, S., Nasution, A. H., & Budi, R. S. (2023, June). APLIKASI MESIN PENCACAH RUMPUT DENGAN VARIASI PISAU POTONG UNTUK PAKAN TERNAK KAMBING DI DESA KOLAM KECAMATAN PERCUT SEI TUAN. In Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) (Vol. 6, No. 1, pp. 191-195).

Hartana ,D ,R., Hasanudin., Dwiyanto A,.(2024).  REKAYASA MESIN PENCACAH RUMPUT UNTUK USAHA PEMBUDIDAYAAN KAMBING DI DESA TOWANGSAN, GANTIWARNO, KLATEN. Laporan Abdimas ITNY.

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dampak Perubahan Iklim, Tanaman Cabai-Melon Petani Pesisir Kulonprogo Banyak Roboh

Kulonprogo
| Senin, 16 September 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Glamor! Ini Deretan Selebritas Terkaya

Hiburan
| Jum'at, 13 September 2024, 21:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement