Advertisement

Mengatur Keuangan Di Masa Lebaran Agar Saldo Tak Berakhir 0

Media Digital
Senin, 15 April 2024 - 16:47 WIB
Maya Herawati
Mengatur Keuangan Di Masa Lebaran Agar Saldo Tak Berakhir 0 Hendrato S. Nugroho, SE, M.Si, CSRS, Prodi Manajemen Unisa Yogyakarta

Advertisement

Lebaran merupakan salah satu momen besar bagi masyarakat Indonesia untuk kembali menjalin silaturahmi. Momen ini sering kali menjadi ajang untuk berkumpul bersama keluarga (mudik), maupun untuk menunjukkan kapasitas keluarga secara personal maupun ekonomi. Sehingga saat Hari Raya Idulfitri ini seseorang harus lebih bijak dalam mengatur keuangan di mana pengeluaran selalu membengkak.

Banyak perencana keuangan menawarkan tips-tips mengelola keuangan. Hal ini mereka lakukan untuk mengingatkan kembali bagi masyarakat yang masih tidak mampu mengendalikan pengeluarannya pada masa merayakan Lebaran ini. Masih banyak masyarakat kita yang berperilaku tidak rasional.

Advertisement

Perencanaan adalah hal penting yang pertama kali harus dilakukan. Buat rencana di awal setelah terima gaji dan THR. Pastikan jumlah uang yang ada dan rencana pengeluaran yang dilakukan, misalnya sedekah, keperluan mudik, bagi angpao, dan sebagainya. Catat perencanaan ini dengan detail dan komitmen.

BACA JUGA: Tak Cuma Okupansi Hotel, Fasilitas MICE untuk Syawalan dan Reuni di Jogja pun Sepi

Jangan tergesa-gesa membeli atau berbelanja mengingat akan ada banyak penawaran belanja yang memberikan harga murah dan potongan diskon yang menggiurkan. Hal ini perlu dilakukan untuk melatih menahan nafsu berbelanja. Belanjakan uang kita untuk barang-barang yang benar-benar kita butuhkan saja tentunya juga dengan memperhatikan kualitas barang yang akan kita beli. Pastikan juga untuk menyisihkan uang kita untuk keperluan yang lain yang mungkin timbul pada pasca-Lebaran ataupun cadangan untuk hal yang tidak terduga.

Sebaiknya belanja dilakukan lebih awal karena mendekati Lebaran biasanya harga-harga akan cenderung naik. Hal ini bisa berdampak pada penghematan pengeluaran. Tentukan prioritas belanja untuk mendahulukan kebutuhan yang lebih penting. Jangan lupa cadangkan uang untuk sedekah dan membayar zakat. Hal ini penting karena membayar zakat biasanya dilakukan saat menjelang Lebaran. Jangan sampai uang habis untuk belanja sementara kita belum melaksanakan kewajiban membayar zakat. Perbanyak sedekah di bulan Ramadan sesuai kemampuan kita.

Untuk anda yang sedang dalam perantauan atau jauh dari keluarga, momen Lebaran sering kali digunakan sebagai ajang melepas rindu dan berkumpul bersama keluarga besar di kampung halaman. Sehingga bagi para pemudik hendaknya memploting biaya yang harus dikeluarkan untuk mudik. Mulai dari tiket perjalanan, perlengkapan selama perjalanan, maupun buah tangan untuk keluarga. Juga bagi anda yang suka bagi-bagi angpao di masa Lebaran ini.

Semoga momen Lebaran ini tidak membuat anda kehilangan harta, namun justru sebagai momen untuk menjaga kestabilan finansial hingga pasca-Lebaran. (***)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Nobar Lesehan bareng Warga, Sultan Bilang Begini Usai Timnas Kalah di Semifinal Piala Asia U-23

Jogja
| Senin, 29 April 2024, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Lirik Lagu SPOT, Duet Zico dengan Jennie BLACKPINK yang Hebohkan BLINK

Hiburan
| Senin, 29 April 2024, 12:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement